Thursday 12 March 2009

Homeless To Harvard


Pemain: Thora Birch, Kelly Lynch, Michael Riley
, Robert Bockstael

Direktor: Peter Levin

Saya menonton film TV ini secara tidak sengaja ketika sedang memilah-milah tayangan yang enak untuk ditonton. Judulnya-Lah yang membuat saya tertarik.

Film untuk Televisi ini bercerita tentang kisah nyata yang mengagumkan dari remaja bermasalah Liz Murray (Diperankan oleh Thora). Terlahir dari keluarga miskin dan bermasalah dengan ayah yang buta dan ibu yang positive HIV, Liz menghabiskan masa pertumbuhannya terekspos kepada obat-obatan dan ketidak pedulian yang ahirnya mengantarkannya kepada kehidupan jalanan di New York pada saat usianya baru mencapai 15 tahun. Hanya setelah kematian ibunya yang disebabkan oleh AIDS, Liz memutuskan untuk merubah hidupnya dengan cara kembali ke bangku sekolah, menjadi pelajar teladan, dan berhasil mendapatkan beasiswa ke Universitas Harvard melalui lomba membuat essai yang disponsori oleh the New York Times.

Di film ini saya melihat betapa kerasnya hidup yang harus dijalani Liz, mulai dari dihina teman-teman sekelasnya karna ia bau dan kotor (karna jarang mandi karna tidak ada pasokan air yang tetap dan tidak punya persediaan pakaian yang mencukupi), makan sisa pembuangan sampah orang (saking miskinnya keluarganya), tidur di subway, dan harus bekerja menjadi pencuci piring untuk melanjutkan hidup.

Saya sempat beberapa kali menitik-ken air mata menonton film ini (emang sayanya aja yang cengeng..hehe), dan terharu, dan rasanya ruang dada saya membesar, dst dst. Dari film ini saya belajar bahwa segala sesuatunya itu bisa dicapai dengan tekad yang kuat dan kegigihan yang luar biasa. Dan siapapun juga itu, pasti bisa, karna seperti kata Liz;

"kita semua itu terbuat dari elemen yang sama, jadi kalau ada orang yang bisa sukses, maka kita juga bisa seperti mereka JIKA kita mau"

Film ini membuat saya sadar betapa beruntungnya saya dengan apa yang saya miliki, dan film ini juga membuat saya ingin belajar lebih giat lagi. Thanks Liz!

Awalnya saya tidak menyangka, kalau film yang dibuat pada tahun 2003 ini berdasarkan kisah nyata, lalu saya pelajari lebih dalam dan dengan bantuan Google saya berhasil mendapatkan sedikit banyak info tentang Elizabeth Murray, dan kini ia menjadi salah satu pembicara aspirasional di Amerika.

Gambar telah dicomot tanpa izin dari sini

No comments:

Post a Comment